Halaman

    Social Items

Cara Memperbaiki Atau Service Aki Atau Accu Motor Yang Sudah Rusak-Accu Motor atau yang sering kita sebut dengan Aki merupakan salah satu suku cadang utama pada kendaraan bermotor,baik itu motor ataupun mobil dan masih banyak jenis mesin-mesin lainnya yang mengandalkan kinerja dari aki.Secara umum Aki di bagi menjadi 2 jenis golongan yaitu Aki kering dan aki basah,masing-masing jenis aki tersebut mempunyai kekurangan maupun kelebihannya.Dan untuk apakah gunanya ,fungsi dari aki atau accu tersebut ?


Fungsi Aki secara umum adalah sebagai salah satu media atau alat yang di buat untuk menampung atau menyimpan tegangan arus listrik sementara,aki atau batery atau accu mempunyai 2 kutup yang berbeda yaitu kutub positif dan kutub negatif.Di dalam sebuah kendaraan aki tersebut berfungsi untuk menggerakkan dinamo stater ataupun menghidupkan tanda lampu rambu-rambu,sebagai salah satu sumber energi listrik untuk bekerjanya system kerja dari pengapian atau CDI pada kendaraan bermotor.

Seiring berkembangnya dunia otomotive saat ini fungsi dan kegunaan dari aki menjadi sebuah suku cadang utama karena system kerja mesin yang di gunakan pada kendaraan sekarang ini mengutamakan sumber energi listrik yang harus benar-benar stabil dan konstan.System injeksi pengaturan suplai bahan bakar dan pengapian yang telah menggunakan program atau software sangat membutuhkan tegangan yang stabil.

Baiklah sobat pembaca pada malam hari ini kami akan berbagi sebuah cara untuk memperbaiki atau servis aki yang bisa kita lakukan dengan mudah tanpa berbekal ilmu pengetahuan yang khusus,dan tentunya ini juga bisa anda coba lakukan sendiri.

Cara Memperbaiki aki motor yang telah rusak atau ngedrop :

-Persiapkan 2 Aki motor yang telah rusak

Sebelum melakukan persiapan ini kami sarankan agar anda mempersiapkan 2 buah aki motor yang rusak.Satu aki utama yang akan kita perbaiki dan aki yang lainnya hanya akan kita jadikan bahan dasar dalam perbaikan aki yang nantinya akan kita gunakan sebagai bahan pengoplosan beberapa bagian bahan yang di butuhkan.

-Buka masing-masing chasing plastik aki tersebut.

Untuk membuka chasing atau pelindung aki yang akan kita perbaiki bisa di lakukan dengan sedikit memaksa dan merusak chasing tersebut,jangan khawatir untuk merusak wadah atau chasing aki karena kita sudah mempersiapkan aki cadangan.Bisa di buka dengan obeng ataupun di panasi tetapi yang terpenting anda harus berhati-hati dalam melepaskan wadah tersebut ,jangan sampai sel-sel aki yang tersusun rusak lebih parah lagi,usahakan susunan sel aki utuh dan tidak mengalami kerusakan pada saat membuka chasing tersebut.

-Setelah sel aki terlepas dari wadahnya atau chasing pelindungnya,perhatikan dan amati lebih dahulu sel aki tersebut.Aki motor yang sudah rusak atau ngedrop akan terlihat pada salah satu atau lebih dari sel aki telah terputus dari batangan masing-masing kutubnya.Apabila anda melihat ada yang jalur kutup timah yang terputus maka anda harus menyambungnya kembali seperti semula.

Berikut ini alat-alat yang di butuhkan dalam memperbaiki aki :
1.Soldier 60 Watt
2.Tenol
3.Multitester
4.Tang
5.Obeng

Untuk menyambung kembali batangan timah penghubung antara kutup aki gunakanlah soldier dan beberapa batang timah yang bisa kita ambil dari aki yang akan kita jadikan bahan dasar suku cadang.Soldier dan sambung kembali kutub-kutub yang terputus.

-Selanjutnya setelah semua jalur atau timah terhubung langkah selanjutnya adalah mengukur besar tegangan yang masih tersimpan.

-Langkah berikutnya,membuka chasing atau wadah aki yang kita jadikan bahan oplosan,untuk cara kali ini anda bisa merusak atau melepaskan sel aki dengan cara merusak sel tersebut,hal ini berbanding terbalik dengan cara sebelumnya.Kali ini kita hanya akan mempertahankan keutuhan dari wadah atau chasing aki tersebut.Wadah aki yang akan kita gunakan lagi sebagai tempat untuk sel aki yang telah di perbaiki sebelumnya.Tutup kembali dengan rapat chasing atau wadah aki tersebut dengan cara menggunakan lem silikon atau sealer,tunggu hingga lem tersebut kering dan menutup semua sel aki.

-Mengisi air accu /aki surr secukupnya,dan selanjutnya tahap pengechasan,isi ulang/charge dengan menggunakan power suplai ukuran tegangan 12 voltase,5 Ampere.Pengecasan atau charge di lakukan agar kondisi penyimpanan listrik dan tegangan pada aki kembali pada kondisi ukuran semula 12 Voltase akan lebih baik jika charge di lakukan hingga 24 jam.

-Tahap terakhir yaitu mencoba tingkat keberhasilan dari hasil percobaan service yang anda lakukan,pasang dan coba gunakan aki pada kendaraan bermotor.

Ok sobat pembaca,cara di atas bisa di lakukan oleh siapapun juga dan ulasan cara yang kami utarakan tersebut kami tuliskan dengan cara pengetahuan umum tanpa kata-kata atau istilah ilmiah.Dan untuk cara perbaikan aki tersebut bisa anda praktekkan dengan mudah baik untuk jenis aki kering maupun aki basah semua jenis aki pada dasarnya adalah sama saja.Selamat mencoba dan semoga berhasil !

Cara Memperbaiki Aki Motor Atau Accu Motor Yang Sudah Rusak Ngedrop

Cara Memperbaiki Atau Service Aki Atau Accu Motor Yang Sudah Rusak-Accu Motor atau yang sering kita sebut dengan Aki merupakan salah satu suku cadang utama pada kendaraan bermotor,baik itu motor ataupun mobil dan masih banyak jenis mesin-mesin lainnya yang mengandalkan kinerja dari aki.Secara umum Aki di bagi menjadi 2 jenis golongan yaitu Aki kering dan aki basah,masing-masing jenis aki tersebut mempunyai kekurangan maupun kelebihannya.Dan untuk apakah gunanya ,fungsi dari aki atau accu tersebut ?


Fungsi Aki secara umum adalah sebagai salah satu media atau alat yang di buat untuk menampung atau menyimpan tegangan arus listrik sementara,aki atau batery atau accu mempunyai 2 kutup yang berbeda yaitu kutub positif dan kutub negatif.Di dalam sebuah kendaraan aki tersebut berfungsi untuk menggerakkan dinamo stater ataupun menghidupkan tanda lampu rambu-rambu,sebagai salah satu sumber energi listrik untuk bekerjanya system kerja dari pengapian atau CDI pada kendaraan bermotor.

Seiring berkembangnya dunia otomotive saat ini fungsi dan kegunaan dari aki menjadi sebuah suku cadang utama karena system kerja mesin yang di gunakan pada kendaraan sekarang ini mengutamakan sumber energi listrik yang harus benar-benar stabil dan konstan.System injeksi pengaturan suplai bahan bakar dan pengapian yang telah menggunakan program atau software sangat membutuhkan tegangan yang stabil.

Baiklah sobat pembaca pada malam hari ini kami akan berbagi sebuah cara untuk memperbaiki atau servis aki yang bisa kita lakukan dengan mudah tanpa berbekal ilmu pengetahuan yang khusus,dan tentunya ini juga bisa anda coba lakukan sendiri.

Cara Memperbaiki aki motor yang telah rusak atau ngedrop :

-Persiapkan 2 Aki motor yang telah rusak

Sebelum melakukan persiapan ini kami sarankan agar anda mempersiapkan 2 buah aki motor yang rusak.Satu aki utama yang akan kita perbaiki dan aki yang lainnya hanya akan kita jadikan bahan dasar dalam perbaikan aki yang nantinya akan kita gunakan sebagai bahan pengoplosan beberapa bagian bahan yang di butuhkan.

-Buka masing-masing chasing plastik aki tersebut.

Untuk membuka chasing atau pelindung aki yang akan kita perbaiki bisa di lakukan dengan sedikit memaksa dan merusak chasing tersebut,jangan khawatir untuk merusak wadah atau chasing aki karena kita sudah mempersiapkan aki cadangan.Bisa di buka dengan obeng ataupun di panasi tetapi yang terpenting anda harus berhati-hati dalam melepaskan wadah tersebut ,jangan sampai sel-sel aki yang tersusun rusak lebih parah lagi,usahakan susunan sel aki utuh dan tidak mengalami kerusakan pada saat membuka chasing tersebut.

-Setelah sel aki terlepas dari wadahnya atau chasing pelindungnya,perhatikan dan amati lebih dahulu sel aki tersebut.Aki motor yang sudah rusak atau ngedrop akan terlihat pada salah satu atau lebih dari sel aki telah terputus dari batangan masing-masing kutubnya.Apabila anda melihat ada yang jalur kutup timah yang terputus maka anda harus menyambungnya kembali seperti semula.

Berikut ini alat-alat yang di butuhkan dalam memperbaiki aki :
1.Soldier 60 Watt
2.Tenol
3.Multitester
4.Tang
5.Obeng

Untuk menyambung kembali batangan timah penghubung antara kutup aki gunakanlah soldier dan beberapa batang timah yang bisa kita ambil dari aki yang akan kita jadikan bahan dasar suku cadang.Soldier dan sambung kembali kutub-kutub yang terputus.

-Selanjutnya setelah semua jalur atau timah terhubung langkah selanjutnya adalah mengukur besar tegangan yang masih tersimpan.

-Langkah berikutnya,membuka chasing atau wadah aki yang kita jadikan bahan oplosan,untuk cara kali ini anda bisa merusak atau melepaskan sel aki dengan cara merusak sel tersebut,hal ini berbanding terbalik dengan cara sebelumnya.Kali ini kita hanya akan mempertahankan keutuhan dari wadah atau chasing aki tersebut.Wadah aki yang akan kita gunakan lagi sebagai tempat untuk sel aki yang telah di perbaiki sebelumnya.Tutup kembali dengan rapat chasing atau wadah aki tersebut dengan cara menggunakan lem silikon atau sealer,tunggu hingga lem tersebut kering dan menutup semua sel aki.

-Mengisi air accu /aki surr secukupnya,dan selanjutnya tahap pengechasan,isi ulang/charge dengan menggunakan power suplai ukuran tegangan 12 voltase,5 Ampere.Pengecasan atau charge di lakukan agar kondisi penyimpanan listrik dan tegangan pada aki kembali pada kondisi ukuran semula 12 Voltase akan lebih baik jika charge di lakukan hingga 24 jam.

-Tahap terakhir yaitu mencoba tingkat keberhasilan dari hasil percobaan service yang anda lakukan,pasang dan coba gunakan aki pada kendaraan bermotor.

Ok sobat pembaca,cara di atas bisa di lakukan oleh siapapun juga dan ulasan cara yang kami utarakan tersebut kami tuliskan dengan cara pengetahuan umum tanpa kata-kata atau istilah ilmiah.Dan untuk cara perbaikan aki tersebut bisa anda praktekkan dengan mudah baik untuk jenis aki kering maupun aki basah semua jenis aki pada dasarnya adalah sama saja.Selamat mencoba dan semoga berhasil !

No comments