Halaman

    Social Items

Cara Merubah System Pengapian Platina Motor CB 100 Menjadi System Pengapian DC CDI-Ok sobat pembaca kali ini kami akan berbagi sebuah tips atau cara untuk Merubah Atau Membuat System Pengapian Platina pada Motor CB 100 menjadi system pengapian CDI yang berbasis tegangan /arus DC.Bagi penggemar motor yang satu ini CB 100 pasti pernah mengalami kesulitan atau masalah yang sering terjadi tentang system pengapian platina dan hal tersebut sering membuat jengkel bagi pemiliknya.Motor CB 100 merupakan jenis kendaraan yang di produksi oleh Honda dan mulai di gunakan sejak sekitar tahun 1973-hingga sekarang.


Pada masa sekarang ini motor CB menjadi salah satu motor incaran para penggemar motorg.Entah apa penyebab pasti motor CB 100 menjadi  salah satu motor dengan harga yang cukup mahal di kelasnya ,saat ini harga motor yang satu ini hampir setaraf dengan harga motor-motor keluaran baru.Motor Legenda mungkin bisa di kategorikan sebagai salah satu motor antik atau para penggemar motor memburu bentuk dan kontruksi motor yang simple,sederhana,dan memiliki beban yang cukup ringan dengan mesin berkapasitas yang cukup lumayan di kelasnya 100cc,kapasitas mesin yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil yang sedang-sedang saja,he2,,he.

Motor ini lebih mudah untuk di modifikasi dengan gaya retro yang nyentrik dan klasik apabila di kendarai akan mempunyai kesan tersendiri bagi si pengendaranya dan mempunyai kebanggaan tersendiri.Untuk pengalaman pribadi saya pribadi dulu pernah memiliki dan merawat motor CB  100 buatan tahun 1973 atau yang biasanya orang-orang jawa menyebutnya dengan disebut dengan CB Glatik atau Plangkok.Dan oleh sebab itu saya banyak belajar dan tahu, hapal tentang berbagai seluk beluk permasalahan yang sering di timbulkan dengan motor CB ini,dan salah satu permasalahan yang sering membuat jengkel yaitu permasalahan pengapian.

Motor CB 100 thn 73 yang desain aslinya /original mengadopsi system pengapian platina yang sangat bergantung,mengandalkan arus listrik utama aki /accu motor dan hanya mempunyai besar tegangan 6Volt membuat motor tersebut sering terjadi tekor atau bermasalah pada kelistrikan tersebut,apalagi apabila anda lupa untuk mematikan kontak untuk beberapa jam,maka efek yang di timbulkan tegangan pada listrik utama aki akan drop dan mesin motor tidak akan mau menyala atau tidak hidup alias mogok broo....

Mengingat usia kendaraan tersebut maka tak jarang para pemilik motor yang satu ini sering dibuat jengkel dan jenuh dengan kondisi mesin yang sering mogok atau sering bermasalah yang umumnya masalah yang sering terjadi pada sepeda motor yang satu ini adalah masalah pengapian.Ok sobat pembaca pada kesempatan kali ini kami akan berbagi Tips Dan Cara Merubah System Pengapian Motor CB 100 Platina Menjadi System Pengapian DC CDI.

Kali ini kita akan menggunakan CDI shogun 110 yang berbasis tegangan DC,Baiklah sobat simak dan baca Tips Dan Cara di bawah ini :
Tentang Peralatan yang harus dibutuhkan tentunya anda pasti sudah cukup mengetahui dan ole karena itu kami tidak akan mengulas peralatan yang di butuhkan.Langsung pada poin Langkah-langkah yang harus di lakukan :

1.Pada langkah awal kali ini kita akan membongkar dan merombak sumber utama kelistrikan dari mesin motor tersebut.

Motor CB yang aslinya mempunyai besar tegangan 6 voltase kali ini kita akan merubah spull atau lilitan kumparan menjadi 12 volt,jangan khawatir untuk merubah tegangan menjadi 12 volt,anda hanya cukup menambahkan atau menyambung jumlah lilitan asli kumparan yang sudah ada,buat kumparan pada spull tersebut menjadi 2 kali lipatnya dengan menggunakan ukuran tembaga yang sama.Perhatikan arah dan jumlah putaran Lilitan dan lakukan penggulungan kumparan sesuai dengan arah kumparan kawat tembaga seperti aslinya.

2.Pulser

Pemasangan Pulser atau sebuah sper part yang akan mengirimkan sinyal engapian pada CDI.Untuk pemasangan pulser jika anda mengalami kesulitan anda bisa bertanya pada mekanik mesin secara pasti agar tidak terjadi kesalahan atau berakibat fatal terhadap mesin.Pulser bisa di letakkan atau dipasang pada magnet mesin atau yang sering di aplikasikan pengganti pada tempat platina aslinya.Copot dan lepaskan Platina pada tempatnya,dan ganti dengan pulser CDI.Seperti yang sudah kami utarakan untuk lebih pasti dan akurat anda bisa menyuruh mekanik mesin untuk memasang pulser,karena untuk pemasanngan pulser harus tepat pada TOP mesin atau harus sesuai dengan putaran mesin.

3.Koil

Untuk memasang CDI yang berbasis tegangan 12 volt anda harus mengganti dan membeli koil pada motor cb tersebut dengan jenis koil yang bersumber tegangan 12 voltase,karena koil motor cb hanya mengadopsi besar tegangan 6 voltase.

4.Pemasangan CDI

Untuk  CDI jenis motor Shogun terdapat 4 kabel utama yang masing-masing akan menghubungkan sesuai dengan jalur-jalur yang sudah kita buat dan desain sebelumnya.Atau anda bisa bertanya kepada mekanik tentang fungsi dan jalur-jalur kabel yang harus di hubungkan.

-Kabel utama di hubungkan dengan sumber tegangan 12 volt
-Kabel yang menghubungkan pulser
-Kabel yang menghubungkan ground body motor
-Kabel yang menghubungkan ke Koil

Ok sobat pembaca di atas adalah sedikit ulasan yang mungkin bermanfaat bagi anda,khususnya bagi para penggemar motor CB 100 untuk mengatasi permasalahan yang sering timbul pada system pengapian dan mudah-mudahan anda berhasil merubah system pengapian platina menjadi DC CDI.Untuk jumlah anggaran atau biaya yang harus di keluarkan tergantung dari harga sperpart masing-masing daerah dan yang pasti anda akan merogoh kocek yang cukup lumayan mungkin kurang dari sekitar 500 ribu.

Cara Merubah System Pengapian Platina Motor CB 100 Menjadi System Pengapian DC CDI

Cara Merubah System Pengapian Platina Motor CB 100 Menjadi System Pengapian DC CDI-Ok sobat pembaca kali ini kami akan berbagi sebuah tips atau cara untuk Merubah Atau Membuat System Pengapian Platina pada Motor CB 100 menjadi system pengapian CDI yang berbasis tegangan /arus DC.Bagi penggemar motor yang satu ini CB 100 pasti pernah mengalami kesulitan atau masalah yang sering terjadi tentang system pengapian platina dan hal tersebut sering membuat jengkel bagi pemiliknya.Motor CB 100 merupakan jenis kendaraan yang di produksi oleh Honda dan mulai di gunakan sejak sekitar tahun 1973-hingga sekarang.


Pada masa sekarang ini motor CB menjadi salah satu motor incaran para penggemar motorg.Entah apa penyebab pasti motor CB 100 menjadi  salah satu motor dengan harga yang cukup mahal di kelasnya ,saat ini harga motor yang satu ini hampir setaraf dengan harga motor-motor keluaran baru.Motor Legenda mungkin bisa di kategorikan sebagai salah satu motor antik atau para penggemar motor memburu bentuk dan kontruksi motor yang simple,sederhana,dan memiliki beban yang cukup ringan dengan mesin berkapasitas yang cukup lumayan di kelasnya 100cc,kapasitas mesin yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil yang sedang-sedang saja,he2,,he.

Motor ini lebih mudah untuk di modifikasi dengan gaya retro yang nyentrik dan klasik apabila di kendarai akan mempunyai kesan tersendiri bagi si pengendaranya dan mempunyai kebanggaan tersendiri.Untuk pengalaman pribadi saya pribadi dulu pernah memiliki dan merawat motor CB  100 buatan tahun 1973 atau yang biasanya orang-orang jawa menyebutnya dengan disebut dengan CB Glatik atau Plangkok.Dan oleh sebab itu saya banyak belajar dan tahu, hapal tentang berbagai seluk beluk permasalahan yang sering di timbulkan dengan motor CB ini,dan salah satu permasalahan yang sering membuat jengkel yaitu permasalahan pengapian.

Motor CB 100 thn 73 yang desain aslinya /original mengadopsi system pengapian platina yang sangat bergantung,mengandalkan arus listrik utama aki /accu motor dan hanya mempunyai besar tegangan 6Volt membuat motor tersebut sering terjadi tekor atau bermasalah pada kelistrikan tersebut,apalagi apabila anda lupa untuk mematikan kontak untuk beberapa jam,maka efek yang di timbulkan tegangan pada listrik utama aki akan drop dan mesin motor tidak akan mau menyala atau tidak hidup alias mogok broo....

Mengingat usia kendaraan tersebut maka tak jarang para pemilik motor yang satu ini sering dibuat jengkel dan jenuh dengan kondisi mesin yang sering mogok atau sering bermasalah yang umumnya masalah yang sering terjadi pada sepeda motor yang satu ini adalah masalah pengapian.Ok sobat pembaca pada kesempatan kali ini kami akan berbagi Tips Dan Cara Merubah System Pengapian Motor CB 100 Platina Menjadi System Pengapian DC CDI.

Kali ini kita akan menggunakan CDI shogun 110 yang berbasis tegangan DC,Baiklah sobat simak dan baca Tips Dan Cara di bawah ini :
Tentang Peralatan yang harus dibutuhkan tentunya anda pasti sudah cukup mengetahui dan ole karena itu kami tidak akan mengulas peralatan yang di butuhkan.Langsung pada poin Langkah-langkah yang harus di lakukan :

1.Pada langkah awal kali ini kita akan membongkar dan merombak sumber utama kelistrikan dari mesin motor tersebut.

Motor CB yang aslinya mempunyai besar tegangan 6 voltase kali ini kita akan merubah spull atau lilitan kumparan menjadi 12 volt,jangan khawatir untuk merubah tegangan menjadi 12 volt,anda hanya cukup menambahkan atau menyambung jumlah lilitan asli kumparan yang sudah ada,buat kumparan pada spull tersebut menjadi 2 kali lipatnya dengan menggunakan ukuran tembaga yang sama.Perhatikan arah dan jumlah putaran Lilitan dan lakukan penggulungan kumparan sesuai dengan arah kumparan kawat tembaga seperti aslinya.

2.Pulser

Pemasangan Pulser atau sebuah sper part yang akan mengirimkan sinyal engapian pada CDI.Untuk pemasangan pulser jika anda mengalami kesulitan anda bisa bertanya pada mekanik mesin secara pasti agar tidak terjadi kesalahan atau berakibat fatal terhadap mesin.Pulser bisa di letakkan atau dipasang pada magnet mesin atau yang sering di aplikasikan pengganti pada tempat platina aslinya.Copot dan lepaskan Platina pada tempatnya,dan ganti dengan pulser CDI.Seperti yang sudah kami utarakan untuk lebih pasti dan akurat anda bisa menyuruh mekanik mesin untuk memasang pulser,karena untuk pemasanngan pulser harus tepat pada TOP mesin atau harus sesuai dengan putaran mesin.

3.Koil

Untuk memasang CDI yang berbasis tegangan 12 volt anda harus mengganti dan membeli koil pada motor cb tersebut dengan jenis koil yang bersumber tegangan 12 voltase,karena koil motor cb hanya mengadopsi besar tegangan 6 voltase.

4.Pemasangan CDI

Untuk  CDI jenis motor Shogun terdapat 4 kabel utama yang masing-masing akan menghubungkan sesuai dengan jalur-jalur yang sudah kita buat dan desain sebelumnya.Atau anda bisa bertanya kepada mekanik tentang fungsi dan jalur-jalur kabel yang harus di hubungkan.

-Kabel utama di hubungkan dengan sumber tegangan 12 volt
-Kabel yang menghubungkan pulser
-Kabel yang menghubungkan ground body motor
-Kabel yang menghubungkan ke Koil

Ok sobat pembaca di atas adalah sedikit ulasan yang mungkin bermanfaat bagi anda,khususnya bagi para penggemar motor CB 100 untuk mengatasi permasalahan yang sering timbul pada system pengapian dan mudah-mudahan anda berhasil merubah system pengapian platina menjadi DC CDI.Untuk jumlah anggaran atau biaya yang harus di keluarkan tergantung dari harga sperpart masing-masing daerah dan yang pasti anda akan merogoh kocek yang cukup lumayan mungkin kurang dari sekitar 500 ribu.

No comments