Halaman

    Social Items

Cara Memperbaiki Service Rem Cakram Motor Yang Keras Atau Macet Atau Rem Blong-Ok sobat bikers pada kesempatan kali ini kami akan sedikit berbagi tentang tips dan cara untuk memperbaiki atau service rem cakram pada kendaraan bermotor.Dan untuk permasalahan pada rem cakram tersebut terdapat beberapa poin masalah yang sering timbul pada sistem pengereman.


Untuk sebelumnya anda harus mengenal terlibih dahulu tentang bagian-bagian dari rem cakram :

-Piringan/disk
-Pad rem atau kampas rem
-Caliper

Masalah Yang Sering Timbul Pada Rem Cakram Motor diantaranya :
  • Rem cakram terasa keras bila di tekan handlenya
  • Rem cakram macet dan tidak berfungsi sama sekali
  • Rem cakram blong atau caliper piston tidak berfungsi sebagai mana mestinya.
Baiklah sobat untuk kali ini kami akan berbagi tips dan cara untuk poin rem cakram berat atau keras dan rem cakram yang macet,namun walaupun hanya 2 poin permasalahan yang akan kami utarakan tersebut akan tetapi cara atau tips tersebut sudah mewakili akan menyelesaikan permasalahan pada poin terakhir sekaligus yaitu rem cakram yang blong.


Persiapan pertama yang harus dilakukan.
Persiapkan kunci-kunci yang akan dibutuhkan untuk membongkar pada bagian caliper rem cakram dan tidak lupa sediakan sebelumnya oli rem cakram,untuk merek bebas sesuai dengan selera anda masing-masing.

-Bongkar dan pisahkan caliper dari diskbrake
-Setelah caliper terpisah kini saatnya untuk aksi yang berikutnya yaitu melepaskan piston cakram yang berada pada caliper,tergantung jenis dan model rem cakram tersebut menggunakan double diskbrake atau hanya single piston.

Lepaskan piston rem dari calipernya dengan cara tekan secara terus menerus handle rem sehingga salah satu piston akan terus tampak menonjol dan terlepas dari calipernya.Dan untuk jenis double piston anda harus menahan piston kedua agar yang akan terlepas hanya satu piston saja,tahan dan tekan salah satu piston,usahakan jangan sampai bergeser naik keatas.

-Setelah salah satu piston tersebut terlepas,oli pada rem yang masih tersimpan pada seluruh bagian sperpart rem tersebut tentunya akan tumpah dan keluar semua,bersihkan piston tersebut dengan kain hingga terlihat mengkilap dan halus,dan maaf sebelumnya cara yang akan kami sampaikan ini sedikit menyimpang dari dunia otomotif perbengkelan.Anda pasti sudah mengetahui apa yang dinamakan dengan salah satu alat pengaman untuk berhubungan intim,ya itu adalah kond*m.

Di antara alat kontrasepsi tersebut terdapat sebuah pelumas sintetis yang di gunakan sebagai pelicin dan untuk kali ini pelumas tersebut akan kita terapkan pada kendaraan bermotor kita,dan khususnya berguna untu memperbaiki rem cakram yang bermasalah.

Tentunya anda tidak akan menduga bahwa selain sebagai alat kontrasepsi ,kond*m ternyata juga bisa kita manfaatkan sebagai alat untuk memperbaiki rem cakram yang kerasa atau macet.Kita tidak akan menggunakan kond*m tersebut pada rem cakram namun kita hanya akan memanfaatkan pelumas yang terdapat di seputar kond*m tersebut,oleskan dengan tangan seluruh lapisan piston dengan kond*m dengan harapan pelumas yang terdapat pada kond*m tersebut menempel di sekitar lapisan piston rem cakram.selain cara tersebut anda juga bisa membeli krim atau pelumas untuk berhubungan intim yang tersedia di toko atau apotik-apotik.

Setelah piston tersebut terlapisi oleh pelumas maka kembalikan posisi piston pada tempatnya ,dan untuk selanjutnya piston yang kedua cara yang sama di atas kita gunakan untuk melapisi piston.Namun untuk melepaskan piston kedua kita perlu untuk memfungsikan kinerja rem cakram kembali seperti semula.Lakukan cara di atas untuk piston kedua dan selanjutnya kita tempatkan semua piston pada posisinya seperti semula.

Kendala dan permasalahan kali ini setelah kita membongkar dan oli rem terbuang maka kita harus memulai secara berurutan untuk memfungsikan kinerja rem cakram tersebut sebagaimana mestinya.
Isi oli rem yang dari handle rem di atas dengan penuh,persiapkan sebuah selang untuk mengalirkan oli rem agar tidak terbuang percuma dari dop atau pentil oli rem yang terletak pada bagian caliper,bentuknya seperti dop pada ban motor dan terdapat lubang pada tengahnya,cara membuka dengan kunci ring 8mm,pentil tersebut berfungsi untuk membuang atau mengatur ulang kinerja rem cakram dan merupakan jalan satu-satunya untuk melepaskan udara atau angin yang terdapat pada semua bagian rem tersebut.Apabila udara atau angin masih terdapat pada sistem sirkulasi bercampur dengan oli rem maka rem cakram tidak akan berfungsi sama sekali alias rem blong.

Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa melakukan tahap demi tahap secara perlahan hingga rem tersebut berfungsi.

Isi dengan penuh oli rem ,lakukan pengereman atau penekanan terus menerus pada handle rem,namun kita padukan dengan menutup atau mengencangkan baut penutup oli rem yang keluar melalui caliper,pada saat rem di tekan tahan untuk beberapa saat,dan sambil menahan handle rem anda harus membuka atau kendorkan dop atau pentil untuk beberapa detik dan akan terlihat oli rem yang akan bercampur udara keluar melewati selang pembuangan,segera tutup kembali pentil tersebut dan kencangkan,lalu lepaskan tekanan pada handle rem .

Lakukan cara tersebut berulang-ulang hingga rem atau handle rem apabila di tekan akan terasa sedikit bertenaga dan apabila rem sudah terasa bertenaga perhatikan gerakan dari piston piston caliper tersebut,tekan dan tahan salah satu piston agar piston dapat terlihat gerakannya secara bergantian.

Apabila kedua piston tersebut berfungsi dan bergerak keluar permukaan caliper dengan ringan dan enteng maka langkah terakhir yaitu menerapklan kembali caliper pada tempatnya semula ,pasang kembali dan berarti anda telah berhasil dalam memperbaiki atau mengatasi permasalahan rem cakram
motor.Dan untuk yang terakhir mencoba fungsi kinerja rem cakram di jalanan ,berhati-hatilah dalam mencoba motor karena Rem merupakan salah satu alat pada motor yang sangat penting dan vital untuk keselamatan si pengendaranya.Ok sobat pecinta otomotif selamat mencoba dan semoga anda berhasil untuk memperbaiki atau service rem cakram pada motor kesayanganmu.

Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor Yang Keras Atau Macet

Cara Memperbaiki Service Rem Cakram Motor Yang Keras Atau Macet Atau Rem Blong-Ok sobat bikers pada kesempatan kali ini kami akan sedikit berbagi tentang tips dan cara untuk memperbaiki atau service rem cakram pada kendaraan bermotor.Dan untuk permasalahan pada rem cakram tersebut terdapat beberapa poin masalah yang sering timbul pada sistem pengereman.


Untuk sebelumnya anda harus mengenal terlibih dahulu tentang bagian-bagian dari rem cakram :

-Piringan/disk
-Pad rem atau kampas rem
-Caliper

Masalah Yang Sering Timbul Pada Rem Cakram Motor diantaranya :
  • Rem cakram terasa keras bila di tekan handlenya
  • Rem cakram macet dan tidak berfungsi sama sekali
  • Rem cakram blong atau caliper piston tidak berfungsi sebagai mana mestinya.
Baiklah sobat untuk kali ini kami akan berbagi tips dan cara untuk poin rem cakram berat atau keras dan rem cakram yang macet,namun walaupun hanya 2 poin permasalahan yang akan kami utarakan tersebut akan tetapi cara atau tips tersebut sudah mewakili akan menyelesaikan permasalahan pada poin terakhir sekaligus yaitu rem cakram yang blong.


Persiapan pertama yang harus dilakukan.
Persiapkan kunci-kunci yang akan dibutuhkan untuk membongkar pada bagian caliper rem cakram dan tidak lupa sediakan sebelumnya oli rem cakram,untuk merek bebas sesuai dengan selera anda masing-masing.

-Bongkar dan pisahkan caliper dari diskbrake
-Setelah caliper terpisah kini saatnya untuk aksi yang berikutnya yaitu melepaskan piston cakram yang berada pada caliper,tergantung jenis dan model rem cakram tersebut menggunakan double diskbrake atau hanya single piston.

Lepaskan piston rem dari calipernya dengan cara tekan secara terus menerus handle rem sehingga salah satu piston akan terus tampak menonjol dan terlepas dari calipernya.Dan untuk jenis double piston anda harus menahan piston kedua agar yang akan terlepas hanya satu piston saja,tahan dan tekan salah satu piston,usahakan jangan sampai bergeser naik keatas.

-Setelah salah satu piston tersebut terlepas,oli pada rem yang masih tersimpan pada seluruh bagian sperpart rem tersebut tentunya akan tumpah dan keluar semua,bersihkan piston tersebut dengan kain hingga terlihat mengkilap dan halus,dan maaf sebelumnya cara yang akan kami sampaikan ini sedikit menyimpang dari dunia otomotif perbengkelan.Anda pasti sudah mengetahui apa yang dinamakan dengan salah satu alat pengaman untuk berhubungan intim,ya itu adalah kond*m.

Di antara alat kontrasepsi tersebut terdapat sebuah pelumas sintetis yang di gunakan sebagai pelicin dan untuk kali ini pelumas tersebut akan kita terapkan pada kendaraan bermotor kita,dan khususnya berguna untu memperbaiki rem cakram yang bermasalah.

Tentunya anda tidak akan menduga bahwa selain sebagai alat kontrasepsi ,kond*m ternyata juga bisa kita manfaatkan sebagai alat untuk memperbaiki rem cakram yang kerasa atau macet.Kita tidak akan menggunakan kond*m tersebut pada rem cakram namun kita hanya akan memanfaatkan pelumas yang terdapat di seputar kond*m tersebut,oleskan dengan tangan seluruh lapisan piston dengan kond*m dengan harapan pelumas yang terdapat pada kond*m tersebut menempel di sekitar lapisan piston rem cakram.selain cara tersebut anda juga bisa membeli krim atau pelumas untuk berhubungan intim yang tersedia di toko atau apotik-apotik.

Setelah piston tersebut terlapisi oleh pelumas maka kembalikan posisi piston pada tempatnya ,dan untuk selanjutnya piston yang kedua cara yang sama di atas kita gunakan untuk melapisi piston.Namun untuk melepaskan piston kedua kita perlu untuk memfungsikan kinerja rem cakram kembali seperti semula.Lakukan cara di atas untuk piston kedua dan selanjutnya kita tempatkan semua piston pada posisinya seperti semula.

Kendala dan permasalahan kali ini setelah kita membongkar dan oli rem terbuang maka kita harus memulai secara berurutan untuk memfungsikan kinerja rem cakram tersebut sebagaimana mestinya.
Isi oli rem yang dari handle rem di atas dengan penuh,persiapkan sebuah selang untuk mengalirkan oli rem agar tidak terbuang percuma dari dop atau pentil oli rem yang terletak pada bagian caliper,bentuknya seperti dop pada ban motor dan terdapat lubang pada tengahnya,cara membuka dengan kunci ring 8mm,pentil tersebut berfungsi untuk membuang atau mengatur ulang kinerja rem cakram dan merupakan jalan satu-satunya untuk melepaskan udara atau angin yang terdapat pada semua bagian rem tersebut.Apabila udara atau angin masih terdapat pada sistem sirkulasi bercampur dengan oli rem maka rem cakram tidak akan berfungsi sama sekali alias rem blong.

Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa melakukan tahap demi tahap secara perlahan hingga rem tersebut berfungsi.

Isi dengan penuh oli rem ,lakukan pengereman atau penekanan terus menerus pada handle rem,namun kita padukan dengan menutup atau mengencangkan baut penutup oli rem yang keluar melalui caliper,pada saat rem di tekan tahan untuk beberapa saat,dan sambil menahan handle rem anda harus membuka atau kendorkan dop atau pentil untuk beberapa detik dan akan terlihat oli rem yang akan bercampur udara keluar melewati selang pembuangan,segera tutup kembali pentil tersebut dan kencangkan,lalu lepaskan tekanan pada handle rem .

Lakukan cara tersebut berulang-ulang hingga rem atau handle rem apabila di tekan akan terasa sedikit bertenaga dan apabila rem sudah terasa bertenaga perhatikan gerakan dari piston piston caliper tersebut,tekan dan tahan salah satu piston agar piston dapat terlihat gerakannya secara bergantian.

Apabila kedua piston tersebut berfungsi dan bergerak keluar permukaan caliper dengan ringan dan enteng maka langkah terakhir yaitu menerapklan kembali caliper pada tempatnya semula ,pasang kembali dan berarti anda telah berhasil dalam memperbaiki atau mengatasi permasalahan rem cakram
motor.Dan untuk yang terakhir mencoba fungsi kinerja rem cakram di jalanan ,berhati-hatilah dalam mencoba motor karena Rem merupakan salah satu alat pada motor yang sangat penting dan vital untuk keselamatan si pengendaranya.Ok sobat pecinta otomotif selamat mencoba dan semoga anda berhasil untuk memperbaiki atau service rem cakram pada motor kesayanganmu.

No comments